Pengenalan angka pada anak usia dini

Pengenalan angka pada anak TK juga musti didasarkan pada perkembangan “menulis” anak (produktif), dan kebermaknaan angka bagi anak (reseptif). Pembelajaran angka secara produktif literal (menulis) tetap didasarkan pada tingkat perkembangan menulis anak (melalui ‘coretan’ yang dibuat) dan konsep anak tentang angka itu sendiri. Pengenalan angka yang terbaik adalah melalui bermain. Melalui bermain anak akan mengembangkan konsep keberangkaan sesuai tingkat kognisinya. Anak akan memperoleh gambaran bahwa angka memiliki makna, karena ia berkaitan dengan semua fungsi penjumlahan di lingkungan sekitarnya. Anak akan memahami bahwa angka digunakan untuk menandai jumlah, ukuran, urutan, dan waktu seperti pada jam dan kalender. Hal ini akan mendorong akan mencintai angka dan siap belajar tentang angka. Beberapa contoh permainan angka dapat dilihat pada contoh berikut ini.


1. Menebalkan angka
2. Mewarnai angka
3. Menyempurnakan gambar angka
4. Menghubungkan angka dengan gambar
5. Mengurutkan dan menyebut angka
6. Memilih angka sesuai hitungan
7. Mengisi urutan angka
8. Mengurutkan angka acak
9. Mengisi angka berdasarkan jumlah benda
10. Menambah benda & menghitung kembali
11. Menghitung benda dan menuliskan angka
12. Menyusun balok angka
13. Menghitung kembali benda yang tidak dihilangkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel