Pengertian dan macam-macam metode pembelajaran


Metode adalah cara menyampaikan/mentransfer ilmu yang tepat sesuai dengan anak usia TK, sehingga menghasilkan pemahaman yang maksimal kepada anak didik. Metode yang digunakan oleh guru adalah suatu kunci pokok didalam keberhasilan suatu kegiatan belajar yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan penguasaan konsep, dengan berbagai variasi materi, media bentuk kegiatan yang akan dilakukan. Adapun metode yang akan digunakan antara lain:
a.         Metode bercerita
Adalah cara bertutur kata dan menyampaikan cerita atau memberikan penerangan kepada anak secara lisan, jenisnya antara lain bercerita dengan alaat peraga atau tanpa alat peraga.
b.      Metode bercakap-cakap
Adalah suatu cara penyampaian bahan pengembangan yang dilaksanakan melalui bercakap-cakap dalam bentuk Tanya jawab antara anak dengan guru atau anak dengan anak lain: bercakap-cakap bebas, berdasarkan gambar seri atau berdasarkan tema.
c.       Metode Tanya jawab
Dilaksanakan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memberikan rangsangan anak agar kreatif untuk berfikir melalui pertanyaan guru, anak akan berusaha untuk memahaminya dan menunjukkan jawabannya.
d.      Metode pemberian tugas
Adalah pemberian kegiatan belajar mengajar dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan tugas yang telah disiapkan oleh guru.
e.       Metode demonstrasi
Adalah suatu cara untuk menunjukkan atau memperagakan suatu objek atau proses dari suatu kejadian atau peristiwa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel