Pengertian Metode Perlombaan bagi anak TK


Salah  satu  tugas  utama  seorang  guru  adalah  mengajar.  Hal ini  akan  menyebabkan  adanya  tuntutan  setiap  guru  untuk  menjawab  pertanyaan   tentang  bagaimana  seharusnya  mengajar.  Dengan  kata  lain  setiap  guru  dituntut  untuk  memiliki  kompetensi  mengajar.  Bertolak  pada  kebutuhan  seorang  guru,  berbagai   metode  pengajaran  dapat  digunakan.  Inilah  makna   proses  pembelajaran  berpusat  kepada  anak  didik  (students  orienyed)   dan  anak  ditempatkan  sebagai  subjek  belajar  yang  sesuai  dengan  bakat  dan  kemampuan  yang  dimilikinya  untuk  terlaksananya  proses belajar  mengajarnya.
Salah  satu  upaya  untuk  mengembangan  bakat  dan  kemampuan  yang  dimiliki   anak  maka  dapat  digunakan  metode  perlombaan.  Arti  perlombaan  itu  sendiri  adalah  kegiatan  mengadu  kecepatan  (keterampialn), ketangkasan, kepandaian, dsb (Depdiknas. 2008). Penggunaan  metode  perlombaan  dalam  pembelajaran ini,  diharapkan  dapat  meningkatkan  motivasinya  anak  untuk  menjadi  yang  terbaik.  
1.         Pelaksanaan  Perlombaan  Berhitung
kemampuan  yang  diharapkan  dalam  permainan  berhitung  di  TK  dapat  dilaksanakan  melalui  penguasaan  konsep,  dan  lambang  yang  terdapat  di  semua  jalur  matematika    yang  meliputi  klasifikasi  bilangan  ukuran  geometri, estimasi,dan estetika.
Kelompok  sebelah  kiri  guru,  mengambil   gambar  tangan  kemudian  dihitung  dengan  menyebutkan  jumlahnya. Kelompok  di  sebelah  kanan  guru  mengambil  mencari  kartu  angka  sesuai  dengan  jumlah  benda  pada  kelompok  sebelah  kiri. Kegiatan ini dapat  dilakukan  secara  antara  kelompok  kiri  dan  sebelah  kanan.
2.         Langkah-langkah Pelaksanaan Perlombaan
Adapun langkah-langkah pelaksanaan perlombaan sebagai berikut:
a.       Perlombaan dilaksanakan di dalam kelas
b.      Guru mempersiapkan media pembelajaran yaitu gambar tangan, kartu angka, dan papan tulis.
3.      Aturan main dalam perlombaan
Adapun aturan main dalam perlombaan yang akan diberikan kepada anak adalah:
-          Dari 24 anak dibagi menjadi 2 kelompok, jadi masing-masing kelompok terdiri dari 12 orang anak
-          Dan 2 kelompok mesing-masing diwakili 1 orang anak kedepan kelas
-          2 orang anak tersebut berlomba mengambil gambar, jari tangan sesuai yang diperintahkan guru di kotak yang sudah disediakan pada masing-masing kelompok
-          Gambar jari tangan yang diambil ditempel di papan tulis dibawah lambang bilangan yang sebelumnya ditempel di papan tulis
-          Begitu selanjutnya sampai semua anak mendapatkan gilirannya.